Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A.      Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalahnya. Sedangkan informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya. 
Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

B.      Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi Trans-Atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.
Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. 
Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.
Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi-komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri.
Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti 'otot' manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi- komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) 'otak' manusia.
C.      Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1.       Peralatan Teknologi Informasi
a.       Komputer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZMl00Y62VIgTucu1AkXVFfBxbs4t3GXY1-jb9YEIwb94f7hGJLQfvcFR0SA20iLDkCyHG0WKcu5N535oprYV3rIiNs63OZkcV661D6Q5Og9yJ5QMrtHINOH_ejNmYXco_gRYBGXX3tiTz/s1600/Lenovo_3000_J205_Tower.jpg
Komputer adalah alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi dengan cara menerima input, mengolah input, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer dan memberikan output yang berupa informasi. Informasi yang dihasilkan dapat berupa tulisan, gambar, suara, video dan animasi.


b.      Proyektor LCD (Liquid Crystal Display)
http://www.rajasewa.com/wp-content/uploads/2009/10/projector.jpg
LCD adalah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. LCD digunakan untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media lain.

c.       OHP (Over Head Projector)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJ-Ox3QW7VKiBgPARdNr10yjb8tCrJv-5UNszCeAiUbNZFk6otuuH9qCHPXrmtQOQYBsjXJokHx0ceHQlTOxGkFT49kSitZboB6hyRBFx3D8Iv4594f-Q-TbGg_BFhtU2FQR4dd1HN9eb_/s320/proyektor+overhead2.jpg
OHP adalah salah satu alat yang digunakan untuk memproduksi atau memproyeksikan gambar atau visual yang ada di dalam transparansi diatas permukaan kaca yang apabila lampu OHP dinyalakan maka transparansi tersebut akan terproyeksikan.

d.      Laptop/Notebook
http://www.prlog.org/10821388-samsung-r580-laptop-notebook.jpg
Memiliki fungsi yang sama seperti komputer tetapi bentuknya lebih praktis, dapat dilipat dan mudah dibawa kemana-mana. Karena menggunakan baterai charger, sehingga dapat digunakan tanpa menggunakan listrik.

e.      Personal Digital Assistant (PDA)/Komputer genggam
http://www.sellswaptradeonline.com/pics/3_1328631401.jpg
Peralatan sejenis komputer tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukan ke dalam saku, fungsinya untuk mengolah data, bahkan sekarang banyak PDA yang dapat berfungsi sebagai handphone (PDA Phone).

f.        Deskbook
deskbook-d7t-80-1
Peralatan sejenis komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor, sehingga mudah diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus menggunakan listrik langsung, karena belum dilengkapi baterai.

g.       Kalkulator
http://www.nabava.net/slike/proizvodi/canon-kalkulator-f-502g_80dfab6b.jpg
Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan darikomputerhandphone, bahkan sampai jam tangan.

h.      Kamus Elektronik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIgSS-hBwGmBfNkjM0v62MkfFaPtlKzkE6q9MzHKYaxH0TlCYjYEULFi4lC95C4xP3gWQBV8xsnX_Rqd_dllW8spspy4YKGDBUJ21HFZxIbV9xuymQF_CNlu1Ofal6zQ68bLFjsLTEkNG2/s1600/63808136_1-Gambar-dari-Kamus-Elektronik-Terlengkap-dan-Tercanggih.jpg
Kamus elektronik adalah kamus yang berbasis komputer yang bisa dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil (seperti PDA). Peralatan elektronik yang digunakan untuk untuk menerjemahkan antar bahasa.

i.         MP4 Player
http://cdn.pouted.com/wp-content/uploads/2013/03/4gb-mini-20-lcd-mp3mp4-player-with-camerag-sensorvoice-recorderfm-blue-mp2.jpg
Peralatan yang digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan musik serta game.

j.        MP3 Player
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTkGriUznZaYM-RO_L9vZVOA_tAlImCzpnALKmuSbgsqXQ0eihN
Peralatan yang dapat menyimpan data sekaligus dapat digunakan untuk memutar musik dan mendengarkan radio.

k.       Flash Disk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgOGNO_5GfhQMmn6dZ3fafTKILAnm3EszH9pVTdyMGnlBp-q0Orclw21uLKUCy5CUT2ELUzReW0RHwr6hkQgEWM6wLSfWrzVLL77r1SyDkeCVgTUImNXlBiydh_YloOxZPyNG2JdxwfNM5/s320/flash-disk.jpg
Media penyimpanan data yang berbentuk Universal Serial Bus (USB),  tetapi dapat menyimpan data dalam jumlah banyak.

l.         Televisi
http://www.suwayuwo.com/wp-content/uploads/2011/12/televisi.jpg
Peralatan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk  gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual.

m.    Radio
http://www.real.com/resources/wp-content/uploads/2012/11/Screen-shot-2012-11-29-at-11.18.05-AM.png
Peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara dengan frekuensi yang telah ditetapkan.

n.      Cash Register
http://www.abacuscashregisters.com/Sam4s_ER-380M%20xl.jpg
Alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.

o.      Kamera Digital
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcROgUuqa4KQwwFdexFa7fScit3ASURw4j4s8tjCKwOjmraxFdyx
Peralatan yang digunakan untuk menyimpan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi"

Post a Comment