Peralatan Teknologi Komunikasi

Peralatan Teknologi Komunikasi
Peralatan Teknologi Komunikasi
Peralatan Teknologi Komunikasi
A.      Data, Informasi dan Siklus Informasi
1.       Data dan Informasi
Data merupakan fakta peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti dan merupakan representasi fisik dari suatu kehidupan yang dapat melahirkan suatu komunikasi dan informasi, data bisa berupa : simbol, gambar, kata, angka, huruf, objek dll. Komputer dalam pemrosesannya selalu menggunakan data yang akan diproses untuk dijadikan informasi. Jadi dapat disimpulkan, data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media, sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu. Informasi mempunyai ciri-ciri seperti: suatu yang benar atau salah, bersifat baru, menjadikan suatu tambahan referensi dan bersifat korektif.

2.       Siklus Informasi
Data yang sudah diolah menghasilkan informasi melalui tahapan-tahapan Input-Proses-Output disebut sebagai proses informasi. 

B.      Peralatan Teknologi Komunikasi
1.          Handphone atau Telepon Selular
Alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang mudah dibawa. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM dan jaringan CDMA.

2.          Faximile
Alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang diinginkan. Tentu saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin faximile agar dapat mengirim informasi.
3.          Telegraph
Telegraf adalah sistem komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan isyarat listrik dalam bentuk kode morse. Peralatan komunikasi ini digunakan untuk mengirim sandi melalui jaringan telepone.

4.          Pager
Pager (biasanya disebut sebagai beeper) adalah salah satu media penerima pesan yang portable, yang terbentuk dari perpaduan dari perkembangan teknologi komunikasi dan teknologi informasi, dan merupakan simple personal telecommunication device yang berguna untuk menerima pesan singkat. Secara sedarhana pager bekerja berdasar prinsip kode signal radio yang ditransmisikan melalui suatu provider (Penyedia jasa layanan) atau bisa disebut juga secara singkat bahwa pager adalah alat yang digunakan untuk menghubungi seseorang melalui jaringan tertentu, dimana operatornya adalah  melalui manusia.

5.          Walky Talky
Peralatan komunikasi antara 2 orang menggunakan pesawat khusus (HT) tanpa kabel menggunakan gelombang 11 meter atau 2 meter. Komunikasi alat ini tidak memerlukan biaya atau tarif, namun konunikasinya secara bergantian dan dapat didengarkan oleh orang lain pada gelombang yang sama.

Gambar Siklus teknologi Informasi dan komunikasi







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peralatan Teknologi Komunikasi"

Post a Comment