Karya Tulis Ilmiah "Manfaat Gizi Yang Terkandung Di Dalam Ikan Kerapu Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Studi Di Desa Tanjung Jaya"



MANFAAT GIZI YANG TERKANDUNG DI DALAM IKAN KERAPU TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA
STUDI DI DESA TANJUNG JAYA


KARYA TULIS

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat
Mengikuti Ujian Nasional (UN)
Pada Madrasah Aliyah Negeri Panimbang


Depag
 

                                                                                                           







Oleh:

SRI WAHYUNI
No Induk: 1011.1.08

Jurusan /Program Studi
Ilmu Pengetahuan Alam


MADRASAH  ALIYAH  NEGERI  PANIMBANG     
PANDEGLANG
2012-2013




BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan terumbu karang yang hidup di dasar laut. Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas pembudidayaan yang tinggi nilai ekonominya. Ikan kerapu merupakan komoditas ekspor  yang dikirim ke berbagai Negara yang mempunyai nilai jual yang tinggi, bila pembudidayaan Ikan kerapu tidak diperhatikan maka produksi dan kualitasnya akan menjadi rendah.
Ikan kerapu terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya kerapu lodis, kerapu tikus, kerapu macan, kerapu karang, kerapu karet dan kerapu lumpur. Ikan kerapu tidak hanya memiliki nilai jual yang tinggi saja, ikan kerapu juga memiliki Gizi yang tinggi terhadap kesehatan tubuh manusia dan juga memiliki protein, vitamin B6, B12 dan vitamin D.
Indonesia merupakan salah satu penghasil dan pembudidaya ikan kerapu yang hasilnya dipasarkan di dalam negeri dan luar negeri. Dimana daerah pembudidaya dan penghasil ikan kerapu di Indonesia yaitu Sulawesi, Sumatra dan Riau. Negara yang sering di ekspor ikan kerapu oleh Indonesia Diantaranya,  Jepang, Honkong, Singapura, Thailand, Taiwan dan Malaysia. Hongkong merupakan negara yang paling banyak diekspor ikan kerapu oleh Indonesia.
Makanan yang kita makan sehari-hari sangat dibutuhkan tubuh untuk sumberi energi, pertumbuhan  dan menjaga kesehatan. Bila kita hanya makan satu jenis makanan maka materi yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi. Kita memerlukan makanan dalam jumlah tepat dan mengandung zat nutrisi lengkap  seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. kekurangan salah satu atau lebih dari zat nutrisi di atas dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan pembudidayaan ikan kerapu di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang masih harus ditingkatkan  untuk menghasilkan kualitas yang  baik.
Oleh karena itu setelah melakukan penelitian di Desa Tanjung Jaya  penulis tertarik untuk mengambil judul “ Manfaat Gizi Yang Terkandung di dalam Ikan Kerapu terhadap Kesehatan Tubuh Manusia ”

B.     Tujuan Penelitian
Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah  
1.      Untuk mengetahui Manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan kerapu.
2.      Untuk mengetahui kesehatan tubuh manusia.
3.      Untuk mengetahui Manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan kerapu terhadap kesehatan tubuh manusia.

C.    Pembatasan dan Perumusahan Masalah
Agar tidak terlalu menyimpang dari pembahasan, maka penulis memberi batasan pada karya tulis ilmiah yang berjudul “Manfaat Gizi yang Terkandung di dalam Ikan Kerapu Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Studi di Desa Tanjung Jaya” sebagai berikut:
1.      Apa manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan kerapu ?
2.      Bagaimana kesehatan tubuh manusia ?
3.      Apa manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan kerapu terhadap kesehatan tubuh manusia?
D.    Metode Penelitiaan
Dalam melaksanakan penelitiaan di Desa Tanjung  Jaya, penulis mencoba menggunakan beberapa metode diantaranya :
1.   Metode Literatur
Mencari data-data dari media cetak, baik buku internet dan lain sebagainya yang berkaitan dengan karya tulis yang dibahas.
2.   Metode Observasi
Melakukan pengamatan atau pengumpulan data dengan cara langsung turun kelapangan ke objeknya.
3.   Metode Interview
Mencari data dengan langsung melakukan Tanya jawab atau wawancara dengan narasumber yang berkaitan.
E.     Sistemmatika Penulisan
Untuk mempermudah pemahaman karya  tulis ini , penulis membagi dalam empat Bab , masing-masing Bab di uraikan
BAB I pendahuluan , pada bab ini di kemukakan latar belakang, tujuan penelitian, pembatasan dan perumusan  masalah, metode penelitian  dan sistematika penulisan.
BAB II  Tinjauan umum , pada bab ini di uraikan sejarah singkat Desa Tanjung Jaya, letak geografis desa tanjung jaya dan keadaan demografi Desa Tanjung Jaya.
BAB III  Manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan kerapu terhadap kesehatan tubuh manusia studi di Desa Tanjung Jaya. Pada bab ini diuraikan
Pengertian Ikan kerapu , Manfaat Gizi yang terkandung di dalam Ikan Kerapu,
Tata Cara Pembudidayan ikan kerapu di Desa Tanjung Jaya, Nilai jual Ikan Kerapu di Desa Tanjung Jaya, Kendala pembudidayaan ikan kerapu di desa Tanjung Jaya
BAB IV  Penutup dalam Bab ini di uraikan kesimpulan dan saran–saran.
                                                                                                                                 




BAB  II
TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah Singkat Desa Tanjung Jaya                       
Daerah yang biasa disebut proyek ini biasa disebut lahan yang dihadiahkan lansung oleh Presiden Soekarno kepada Parapejuang yang telah Pensiun. Tujuanya untuk tempat istirahat mereka setelah apa yang mereka korbankan demi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Sejak awal tahun 1987 berdirilah sebuah Desa baru di Kecamatan Panimbang yaitu Desa Tanjung Jaya. Desa Tanjung Jaya merupakan pemekaran dari Desa Kalicaah, yang memiliki beberapa Kampung. Setelah itu desa kalicaah pun masuk ke Desa Tanjung Jaya  dan tidak ada lagi desa kalicaah di kecamatan panimbang. Sampai saat ini Desa Tanjung Jaya memiliki 53 Rt/Rw juga memiliki sepuluh kampung yaitu kampung Cikadu Indah, Padasuka, Cikadu Induk, Cipanon, Bunar, Pasir Kadu, Kalicaah, Luluk dan Muncang.  Desa ini pun berganti kepala Desa sebanyak Empat kali yaitu yang Pertama Bapak H.Sakri, Bapak Warsa,  Bapak Astaka dan yang sekarang Bapak Rapei yang menjabat sebagai Kepala Desa.


B.     Letak Geografis
Desa yang ada di hamparan tanah seluas 5479.5 ha. Ini  hampir 70 ha merupakan lahan perkebunan . sedangkan pekarangannya sendiri mempunyai luas 595 ha, luas persawhannya 300 ha, tanah hutannya 2000 ha dan sisanya adalah tanah kering ,tanah basah dan tanah pasilitas umum.
Wilayah Desa Tanjung Jaya mempunyai batas batas wilayah tertentu antra lain  sebelah utara berbatasan dengan Selat Sunda, sebelah selatan berbatsan dengan Desa Ciuteureup, sebelah timur berbatasan dengan Citeureup dan sebelah barat berbatsan dengan Selat Sunda. Tinggi Desa Tanjung Jaya dari permukaan laut ± 10 m, sedangkan suhu yang ditaksir mencapai 28°- 30°C. jarak tempuh yang di perlukan untuk mencapi Desa Tanjung Jaya dari Desa Panimbang Jaya ± 10 km atau bila di tempuh menggunakan kendaraan bermotor mencapai 30 menit.
C.    Keadaan Demografi
Desa tanjung jaya  memiliki  jumlah jiwa sekitar 6743 jiwa dengan jumlah Jiwa Laki- laki 3488 orang dan Perempuaan 3255, sedangkan jumlah KK adalah 2125 KK.      
Kini di Desa Tanjung Jaya memiliki Fasilitas yakni : Kantor Desa,tempat Wisata,sebuah Puskesmas,enam buah surau atau Mesjid,sebuah Lapangan Olahraga, dua buah Taman Kanak-Kanak, sebuah Sekolah Dasar, satu buah Madrasah Tsanawiyah dan Sekolah Menengnah Pertama,satu buah Sekolah Menengah kejuruan dan sebuah Madrasah Aliyah. Desa Tanjung Jaya seluruh Masyarakatnya beragama muslim sebagian besar Warga Desa Tanjung Jaya bermata pencaharian sebagai petani, tetapi ada juga yang bermata pencaharian yang lain seperti nelayan, berkebun, serta wirausaha lainnya.













BAB III
MANFAAT GIZI YANG TERKANDUNG DI DALAM IKAN KERAPU TERHADAP KESEHATAN TUBUH MANUSIA STUDI DI DESA TANJUNG JAYA

A.    Pengertian Ikan Kerapu
Ikan kerapu merupakan sejenis ikan trumbu karang yang hidup didasar laut, ikan jenis laut ini mempunyai prosek yang bagus, ikan kerapu juga merupakan komoditas pembudidayaan yang tergolong tinggi nilai ekonominnya tetapi bukan hanya tinggi nilai jualnya, ikan kerapu juga mempunyai banyak akan gizi untuk pertumbuhan pada tubuh manusia.
Ikan kerapu memiliki beberapa macam jenis ikan kerapu di antaranya : kerapu lodis, tikus, macan, karang dan lumpur. Ikan kerapu juga sering di ekspor keberbagai Negara diantaranya : Jepang, Hongkong, Singapura, Taiwan dan Malasia.
B.      Manfaat gizi yang terkandung didalam ikan kerapu
Kesehatan tubuh merupakan salah satu kepentingan untuk pertumbuhan pada tubuh manusia. kita memerlukan makanan yang mengandung  zat nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.
Manfaat dan gizi yang terkandung didalam ikan kerapu di antaranya: protein, vitamin B6, B12 dan vitamin D.
a.       Protein
Merupakan sumber energi yang mempunyai bagian yang sangat penting untuk plasma sel dan pembangun untuk pertumbuhan, protein menghasilkan energi ±4,1 kalori, jika tubuh kekurangan protein akan menyebabkan busung lapar.
b.      Vitamin B6
Merupakan sumber vitamin yang memelihara metabolisme lemak dan pembuataan darah. Akibat kekurangan vitamin B6 akan menimbulkan  penyakit palaraga dan anemia.
c.       Vitamin B12
VitaminB12 merupakan bagian yang sangat penting untuk sintesis asam amino dan pembentukan sel darah pada tubuh manusia, kekurangan vitamin B12 akan menimbulkan penyakit anemia.
d.      Vitamin D
Vitamin D merupakan vitamin bagian sangat penting untuk penyerapan kalsium, jika kekurangan vitamin D akan menimbulkan penyakit rakitis.


C.    Tata cara pembudidayaan ikan kerapu di Desa Tanjung Jaya
Pembudidayaan ikan kerapu yang sangat baik di harapkan oleh masyarakat tanjung jaya dan sekitarnya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas  dan kuantitas dari hasil pembibitan, di bawah ini penulis menjelaskan bagai mana tata cara budidaya ikan kerapu di desa tanjung jaya.
1.      Berdasarkan hasil dari wawancara dengan pemilik pembudidayaan ikan kerapu di Desa Tanjung Jaya, yaitu Bapak H.ponke. di antarnya:
a.       Persyaratan Lokasi
ü  Lokasi untuk pembuatan kolam hendaknya di tempat yang teduh, tetapi tidak boleh di bawah pohon yang daunya yang mudah rontok.
ü  Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan.
ü  Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, liimbah industri atau bahan lainnya yang dapat mematikan ikan.
b.      Penyiapan  bibit
ü  Kulit atau sisit yang memiliki warna yang cerah dan tidak cacat.
ü  Berat badan berkisar antara 100-200  gram.
ü  Tidak terkena oleh pennyakit.

c.       Perwatan ikan kerapu
ü  Makanan di berikan pada pagi dan sore hari, dengan jumlah 5-10% dari berat total ikan.
ü  Selam peminjahan induk ikan kerapu di beri makan yang berkadar protein tinggi.
d.      Panen
ü  Penangkapan, pemanenan sebaiknya di lakukan pada pagi hari supaya terlalu kepanasan.
ü  Bila penangkapan harus mengunakan jarring, pemanenan di lakukan bersamaan dengan pemberian pakan sehingga ikan kerapu mudah di tangkap.

2.      Berdasarkan dari teori di antaranya:
a.       Penyediaan Benih
Memilih benih yang baik, yang berukuran 2-3 cm, yang bebas dari penyakit dan memiliki warna sisik yang cerah dan tidak cacat.
b.      Penyebaran benih
Benih yang sehat , benih diusahakan  kurang dari  2 kg sebelum berat badan mencapai 10 kg dan penyebaran benih dilakukan pada pagi dan sore hari.



c.       Pendederan
Di lakukan di bak beton berbentuk segi empat panjang yang berukuran panjang 2-5 m, dengan ketinggian air 20-40 cm, di beri pipa untuk pembuagan air dan pipa udara.
d.      Pemberian pakan
Pada saat penebaran benih di beri pakan berupa pelet, setalah 3 sampai 4 hari . pelet dapat di kombinasikan dengan ikan rucah pada saat pagi dan sore hari.
e.       Pembesaran
Usaha pembesaran ,  pembesaran ikan dari benih berukuran sekitar 8 cm, lalu di pindahkan ke laut dengan membuat kolam  dari jaring besar  berbentuk segi empat berukuran antara 4-20 m, dengan ketingian air 80- 100cm.
f.       Pemanenan
Pemanenan ikan kerapu dilakukan pada setiap ikan sudah menjadi ikan konsumsi, pemanenan juga dilakukan pada 1 tahun 5 bulan.
D.    Nilai jual ikan kerapu di desa tanjung jaya
Penjualan ikan kerapu sangat tergantung pada jenis ikan .
TABEL NILAI JUAL IKAN KERAPU
No
NAMA
BERAT
HARGA
1
Kerapu Macan
1kg
Rp. 170.000.00
2
Kerapu Bebek
1kg
Rp. 350.000.00
3
Kerapu Tikus
1kg
Rp. 150.000.00
4
Kerapu Lodis
1kg
Rp. 400.000.00
5
Kerapu Lumpur
1kg
Rp. 350.000.00

E.  Kendala pembudidayaan ikan kerapu
Dalam pembudidayaan ikan kerapu sering dijumpai hal-hal yang menghambat pembudidayaan diantaranya :

a.       Kondisi Air Gelombang dan Badai
Selama musim penghujan yang disertai badai. Ikan akan mudah mengalami setres yang mengakibatkan kematian  pada ikan kerapu.
b.      Ancaman predator air ( ikan besar )
Jika jaring kolam ikan tidak layak pakai dan rusak, akan memudahkan predator lain memakan benih ikan kerapu.
c.       Pencurian benih
Dalam pembudidayaan ikan kerapu sering mengalami pencuriaan benih ikan kerapu, pada malam hari merupakan waktu yang rawan terjadi pencurian benih ikan kerapu oleh pencuri.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya, penulis dapat menarik kesimpulan  sebagai berikut:
1.      Pengertian Ikan Kerapu
Ikan kerapu merupakan sejenis ikan trumbu karang yang hidup didasar laut, ikan jenis laut ini mempunyai prosek yang bagus, ikan kerapu juga merupakan komoditas pembudidayaan yang tergolong tinggi nilai ekonominnya.
2.      Pengertian kesehatan
Kesehatan tubuh merupakan salah satu kepentingan untuk pertumbuhan pada tubuh manusia. kita memerlukan makanan yang mengandung zat nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.
3.      Protein
Protein merupakan salah satu sumber energi, protein merupakan bagian yang penting di dalam plasma sel, plasma sel di dalam tubuh merupakan sebagai zat pembangun dan pembentukan sel yang baru.

4.      Vitamin B12
VitaminB12 merupakan salah satu pembuatan sintesis asam amino dan pembentukan sel darah.
5.       Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan salah satu metabolisme lemak di dalam tubuh dan pembuatan darah.
6.      VitaminD
VitminD merupakan penyerapan kalsium pada sum-sum tulang dan fospor di dalam pencernaan tubuh
7.      Tata cara pembudidayaan ikan kerapu
d.      Penyediaan Benih
Memilih benih yang baik, yang bebas dari penyakit dan memiliki warna sisik yang cerah dan tidak cacat.
e.       Penyebaran benih
Pada saat penyebaran benih kita harus memperhatikan bibit ikan kerapu, ikan kerpu harus diliahat dari ukuran yang memililki ukuran 2-3 cm yang dilakukan pada pagi dan sore hari.
f.       Pendederan
           Di lakukan di bak beton yang berbentuk segi empat panjang antara 2-5 m dengan ketinggian air 20-40 cm.

g.      Pemberian pakan
Pada saat penebaran benih di beri pakan berupa pelet, pemberian makanan pada saat pagi dan sore.
h.      Pembesaran
Usaha pembesaran, pembesarkan ikan dari benih berukuran sekitar 8 cm, lalu di pindahkan ke laut dengan membuat kolam.
             i.  Pemanenan
Pemanenan ikan kerapu yang di lakukan pada saat ikan kerapu sudah mencapai ikan konsumsi dan ikan kerapu di panen 1 tahun 5 kali.
B.   Saran-saran
Adapun saran –saran penulis seebagai berikut :
1.      Bangunlah Desa Tanjung Jaya sebagai salah satu cerminan bagi kita sebagai bangsa Indonesia yang selalu melestarikan alam di sekitar kita agar dapat di manfaatkan oleh generasi-generasi penerus.
2.      Pembudidayaan ikan kerapu harus lebih ditingkatkan dalam upaya untuk kesejahtraan masyarakat dan melestarikan dari kepunahan.
3.      Setelah mengetahui tentang ikan kerapu, peran manusia dalam membudidayakaan ikan kerapu dan manfaatnya. Hendaknya kita dapat menjaga dan melestarikan agar tidak terjadi kepunahan.
4.      Janganlah kita hanya mengambil manfaatnya saja, hendaknya kita juga dapat memberikan manfaat bagi yang lainnya.
5.      Dengan adanya karya tulis ilmiah yang merupakan resensi pengetahuan yang dibangun untuk menjaga dan melestariakan lingkungan.
6.      Setelah mengetahui dan memahami tentang pembudidayaan maka hendaknya muncul rasa cinta terhadap kepunahan.



DAFTAR PUSTAKA
Abbas Siregar Djarijah. Mikrobiologi Pangan  Hewani Nabati. Dalam: Diktat Kuliah. Tidak  Diterbitkan. Yogjakarta.
Campbell, N. A. 1993. Biology, third edition. Benjamin Cumming Publishing Company, Inc.,Red wood City.
Wawancara dengan Bapak H.Pongke




LAMPIRAN-LAMPIRAN





























Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karya Tulis Ilmiah "Manfaat Gizi Yang Terkandung Di Dalam Ikan Kerapu Terhadap Kesehatan Tubuh Manusia Studi Di Desa Tanjung Jaya""

Post a Comment